English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Pendidikan Indonesia Belum Layak

Semangat dalam keterbatasan
Tolak ukur kemajuan suatu negara menurut saya berawal dari kualitas pendidikan yang layak. Dari sinilah banyak pemimpin bangsa yang berkualitas dihasilkan. Tapi kenyataannya di indonesia pendidikan layak masih belum merata, apalagi di daerah-daerah terpencil.

Terkadang jumlah sekolah yang tersedia tidak sebanding dengan jumlah anak yang yang bersekolah. Seharusnya pemerintah dapat mengantisipasi hal itu, keinginan anak-anak indonesia untuk mendapatkan pendidikan yang layak sudah luar biasa. Meskipun akses yang tersedia masih kurang mendukung tetapi mereka tetap semangat melewati rintangan-rintangan yang ada demi sebuah pendidikan.

Kalo kita semua cermati bunyi pada pembukaan UUD 1945 salah satu bunyinya adalah mencerdaskan kehidupan bangsa. Para founding father kita sebenarnya sudah sangat berfikir jauh kedepan dalam menghasilkan orang-orang terdidik agar kita tidak lagi menjadi negara terjajah. (Baca Juga : Yuk ikutan #PSFBloggersAward)

Untuk melaksanakan mandat UUD 1945, semua pihak baik pemerintah maupun swasta seharusnya bergerak bersama agar mandat tersebut dapat terlaksana dengan baik dan indonesia menjadi negara yang disegani oleh negara lain.

Sebenarnya prestasi pendidikan indonesia juga sangat luar biasa di dunia, terbukti banyak medali yang dapat didulang dari beberapa event olimpiade internasional. Tandanya anak-anak indonesia cerdas-cerdas. Kalau sistem pendidikan indonesia berjalan baik, infrastruktur memadai, pengelolaaan sumber daya maunusia baik saya yakin mimpi indonesia untuk menjadi negara maju bukan hanya wacana belaka.
Saat ini kepedulian generasi muda terhadap pendidikan indonesia sudah mulai bermunculan. Beberapa yayasan yang bergerak di bidang pendidikan mulai menampakkan dirinya ambil saja beberapa contoh gerakan indonesia mengajar, yayasan nara kreatif, program-program dari Putera Sampoerna Foundation seperti ASBI (Academy Siswa Bangsa Internasional), dan masih banyak lagi. Seharusnya kita mendukung dan turut serta terlibat demi kemajuan pendidikan indonesia agar Indonesia Negara Maju Tidak Lagi Menjadi Wacana Tapi Nyata.

Comments
4 Comments

4 comments:

  1. Semoga pemerintah membaca tulisan ini. Terimakasih mas.

    ReplyDelete
  2. semoga cepat berkembang pendidikan di negeri tercinta ini

    ReplyDelete

Dimohon untuk meninggalkan komentar dengan ketentuan, dilarang keras menyinggung Isu SARA, Pornografi, dan Konten Negatif Lainnya. Terimakasih...

 

Emping Balado Macopon

FOLLOW TWITTER