PENGARUH HANDPHONE TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMAN SUMATERA SELATAN
Nama Peneliti : KADEK ELDA PRIMADISTYA
NISN : 9932938014
Kelas : XII IPS
Alamat : JL. PANGERAN RATU KEL.8 ULU KEC. SEBERANG ULU 1
PALEMBANG 30252-SUMATERA SELATAN
Guru Pembimbing : MELYDA EKA PUTRI B.M
Guru Mata Pelajaran : SOSIOLOGI
SMAN SUMATERA SELATAN
Daftar Isi
TENTANG SMAN SUMATERA SELATAN...........................................................................i
DAFTAR ISI………………………………………………….......………………………..ii-iii
Bab I PENDAHULUAN
A. Latar belakang masalah………..………………………………………......1
B. Rumusan masalah…………………………........................………….....1-2
C. Tujuan penelitian……...……………………………………………….…..2
Bab II PENELAHAAN KEPUSTAKAAN
A. Penemuan yang lalu ………………………………………………...……..3
B. Penemuan yang mendasari ………………………………………...….…...3
C. Pengertian hasil belajar…………..……………………………….......….3-4
D. Ringkasan dan kerangka berfikir …………………………….…...….....…..4
Bab III METODOLOGI
A. Pemilihan subjek penelitian ………………………..……………..…......…..5
A.1. Populasi ………………………………………………………..….….5
A.2. Sampel ...………………………………………………….…..……...5
B. Desain dan pendekatan penelitian ....…………………………...…….........5-6
C. Pengumpulan data …………………………………………………...……...6
Bab IV PELAKSANAAN PENELITIAN
A. Validasi instrument ………………………………………………...…….....7
B. Pengujian data ……………………………………………….….…….....7-8
C. Pengolahan/analisis data …………………………………..……………......8
Hasil kuisioner ………………………...…………………………...…….…......9
Diagram responden ……………………………………………..……….....10-14
1. Pengorganisasian data ……………………………………..…….....15
2. Hipotesis statistik …..…………………………………...…….…....15
3. Teknik analisis data …………...………………...…..….…….….....16
4. Hasil pembahasan ……...………………………….…..…………...16
Bab V PENUTUP
A. Kesimpulan ………………………………………………………...............17
B. Saran-saran ………………………………………………………..……....17
LAMPIRAN
A. Lampiran data siswa ……………………………………………...……......18
B. Lampiran angket …………………………...………………….…...……...18
LEMBAR PERNYATAAN ………………………………………….........19-20
DAFTAR PUSTAKA………………………………………………..……......21
SMAN SUMATERA SELATAN
(SAMPOERNA ACADEMY)
Alamat: JL. PANGERAN RATU KEL.8 ULU KEC. SEBERANG ULU 1
PALEMBANG 30252-SUMATERA SELATAN
PENJELASAN
SMAN Sumatera Selatan terbentuk karena kerjasama antara pemerintah provinsi Sumatera Selatan denganPutera Sampoerna Foundation. Sekolah ini sudah berdiri selama 3 tahun dari tahun 2009. SMAN Sumatera Selatan adalah sekolah berasrama (boarding school) dimana siswa diwajibkan untuk tinggal diasrama sampai berakhirnya masa pendidikan mereka atau setelah lulus dari sekolah. Beberapa guru seperti House Parents juga tinggal di asrama.
SMAN Sumatera Selatan menerapkan 2 kurikulum, yaitu kurikulum nasional (KTSP) dan kurikulum internasional (IGCSE) dan memakai bahasa inggris sebagai bahasa pengantar pembelajaran. Siswa yang bersekolah di SMAN Sumatera Selatan bukan hanya berasal dari Provinsi Sumatera Selatan, tetapi juga dari provinsi lain seperti: Aceh, Riau, Lampung, Yogjakarta, Bandung, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Barat.
Pengaruh Handphone terhadap Nilai belajar Siswa SMAN Sumatera Selatan
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Belajar merupakan hal terpenting yang biasa dilakukan manusia untuk menghadapi tantangan zaman yang semakin berubah setiap waktu, oleh karena itu hendaknya seseorang mempersiapkan dirinya untuk menghadapi kehidupan yang dinamis dan penuh persaingan dengan belajar. Belajar memahami diri sendiri, memahami perubahan dan globalisasi. Sehingga seseorang siap menghadapi perkembangan zaman yang begitu pesat.
Di zaman yang modern seperti sekarang ini, banyak alat-alat canggih yang mendukung proses belajar siswa. Misalnya internet atau handphone.Dengan alat-alat tersebut beberapa orang beranggapan bahwa dunia semakin sempit atas majunya tehnologi di dunia.
Hanphone adalah alat telekomunikasi tercanggih saat ini dan bisa di bawa kemana saja.Hanphone juga sangat diperlukan oleh siswa untuk berkomunikasi dengan orang tua atau teman mereka.Tetapi dengan menggunakan hanphone dalam belajar, siswa biasanya hanya terfokus pada alat komunikasi tersebut, sehingga pada saat waktu belajat atau study time mereka hanya memainkan alat telekomunikasi itu, seperti smsan atau mengakses internet bisa dari hanphone. Di sisi lain, handphone juga digunakan siswa untuk menyimpan video-video porno sehingga dapat merusak moral pelajar dan akan berpengaruh terhadap konsentrasi belajar mereka.
B. Rumusan Masalah
1. Membuktikan apakah handphone mempengaruhi nilai belajar seorang pelajar?
2. Apakah dengan adanya handphone seorang pelajar akan lebih termotivasi dalam belajar atau sebaliknya?
C. Tujuan Penelitian
Tujuan dari Penelian ini adalah sebagai berikut.
1. Mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara handphone dengan prestasi belajar siswa.
2. Mengetahui seberapa besar pengaruh handphone terhadap prestasi belajar siswa.
3. Mengetahui pendapat siswa SMA Negeri Sumatera Selatan terhadap pengaruh handpone terhadap nilai belajar siswa.
BAB II
PENELAAHAN KEPUSTAKAAN
A. Penemuan yang lalu
Beberapa penelitian yang sudah dilakukan oleh para ahli dan peneliti lain menunjukkan bahwa hasil belajar ialah perubahan tingkah laku yang mencangkup bidang kognitif, afektif, dan psikomotor yang dimiliki siswa setelah menerima pengalaman belajarnya.
B. Penemuan yang Mendasari
Menurut Bloom di dalam Sudjana (2007: 22-32) bahwa tingkat kemampuan atau penugasan yang dapat dikuasai oleh siswa mencangkup tiga aspek yaitu:
a. Kemampuan Kognitif (cognitive domain) adalah kawasan yang berkaitan dengan aspek-aspek intelektual atau secara logis yang biasa diukur dengan pikiran atau nala. Kawasan ini terdiri dari:
1. Pengetahuan (knowledge), mencangkup akan hal-hal yang pernah dipelajari dan disimpan dalam ingatan.
2. Pemahaman(Comprehension),mengacu pada kemampuan memahami materi.
3. Penerapan(application), kemampuan menerapkan materi.
4. Analisis(analysis), kemampuan menguraikan materi dalam komponen-komponen.
b. Kemampuan Afektif(the affective domain)
C. Pengertian Hasil belajar
Hasil belajar adalah kemampuan-kemampuan yang dimiliki siswa setelah menerima pengalaman belajarnya (Sudjana, 2004 : 22). Sedangkan menurut Horwart Kingsley dalam bukunya Sudjana membagi tiga macam hasil belajar mengajar : (1). Keterampilan dan kebiasaan, (2). Pengetahuan dan pengarahan, (3). Sikap dan cita-cita (Sudjana, 2004 : 22).
D. Ringkasan dan Kerangka Berpikir
Berdasarkan teori tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa Hanphone sangat berperan penting dalam meraih hasil belajar yang baik.
1. Handphone sangat mempengaruhi hasil belajar siswa, baik itu dalam hal yang positif maupun dalam hal negative dalam artian nilai pelajar tersebut masih dibawah harapan.
2. menggunakan handphone se-efektif dan se-efesien mungkin sesuai dengan fungsinya.
E. Hipotesis
Berdasarkan konsep-konsep yang telah dituangkan dalam kerangka berfikir, maka hipotesis(Ha) yang dapat diajukan sebagai berikut.
Terdapat hubungan negative dan positif antara handphone dengan prestasi belajar siswa bila dgunakan se-efektif dan se-efesien mungkin.
BAB III
METODOLOGI
A. Pemilihan Subjek Penelitian
Dalam suatu penelitian, perlu menentukan subjek dan objek penelitian.Yang menjadi subjek penelitian adalah siswa siswi SMAN Sumatera Selatan sebagai sumber data, sedangkan yang menjadi objek penelitian adalah yang menjadi pusat perhatian peneliti lebih lanjut dapat diuraikan sebagai berikut.
A.1. Populasi
Populasi dalam penelitian ini adalah kumpulan unit-unit elementer, atau hal yang menjadi sumber pengambilan sampel yang memenuhi syarat tertentu berkaitan dengan masalah penelitian. Dalam penelitian ini populasinya adalah siswa siswi SMAN Sumatera Selatan.
A.2. Sampel
Sampel merupakan bagian dari populasi yang diambil dan dipergunakan untuk penelitian yang sifat dan karakternya mewakili populasi sebagai subjek penelitian. Jumlah sampel pada penelitian ini 10(Sepuluh) orang siswa. Objek penelitiannya adalah Pengaruh Handphone terhadap prestasi belajar siswa.
B. Desain dan Pendekatan Penelitian
Dalam melakukan penelitian adalah pnelitian kuantitatif dan kualitaif. Jika data yang diperoleh dalam penelitian disajikan dalam bentuk uraian kata-kata atau kalimat (naratif) bukan dalam bentuk statistik, maka pendekaan yang dipakai adalah penelitian kualitatif. Namun apabila data yang diperoleh dalam penelitian berbentuk angka, maka cara pengolahanya menggunakan analisis statistik, pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah kuantitatif. Adapun dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, lebih jelasnya menggunakan kuesioner.
C. Pengumpulan Data
Cara pengumpulan data antara lain: Kuesioner. Dalam penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data berupa kuesioner sebanyak 10(Sepuluh) Siswa SMAN Sumatera Selatan.
BAB IV
PELAKSANAAN PENELITIAN
A. Validasi Instrumen
Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Setiap variabel diukur dengan menggunakan skala internal, sedangkan skor menggunakan skala likert yang ditentukan dengan o Sangat Setuju, o Setuju, o Biasa Saja, o Sangat Tidak Setuju.
B. Pengujian Data
Uji Validitas yaitu suatu ukuran yang menunjukkan kevalidan atau keabsahan suatu instrument. Suatu instrumen yang valid memiliki validitas yang tinggi, demikian juga sebaliknya. Sebuah instrumen dikatakan valid apabila mampu mengukur apa yang diinginkan dalam sebuah penelitian dan dapat diteliti secara tepat. Tinggi rendahnya validitas instumen menunjukkan sejauh mana data yang terkumpul tidak menyimpang dari gambaran tentang variabel yang dimaksud.
Untuk menguji tingkat valditas empiris instrumen, penulis mencoba instrumen tersebut pada sasaran dalam penelitian. Langkah ini disebut dengan langkah uji(try out) instrumen. Bila data yang diperoleh dari uji coba sudah sesuai dengan yang seharusnya, berarti instrumen tersebut baik atau sudah valid.Untuk mengetahui ketepatan data diperlukan uji validitas. Dua macam validitas sesuai dengan cara pengujiannya adalah sebagai berikut:
1. Validitas eksternal, yaitu apabila data yang dihasilkan dari instrumen tersbut sesuai dengan data atau informasi lain mengenai variabel penelitian yang dimaksud. Data dihitung secara keseluruhan.
2. Validitas internal, yaitu apabila terdapat kesesuaian antara bagian-bagian instrumen secara keseluruhan.
Sebuah instrumen memiliki validitas internal apabila setiap bagian instrumen mendukung “misi” instrumen secara keseluruhan, yaitu mengungkap data dari penelitian yang dimaksud.Pada penelitian ini validitas yang diuji adalah validitas internal dengan hanya menganalisis kuesioner yang sudah dilakukan.
C. Pengolahan/ Analisis data
Setelah melakukan kuesioner/angket langkah selanjutnya yang saya lakukan adalah pengolahan data. Hasil dari responden akan dicantumkan pada tabel di bawah ini.
No
|
Nama Responden
|
NOMOR PERTANYAAN
| |||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
| ||
Jawaban
|
Jawaban
|
Jawaban
|
Jawaban
|
Jawaban
|
Jawaban
|
Jawaban
|
Jawaban
|
Jawaban
|
Jawaban
| ||
1
|
Akbar Sahata S
|
STS
|
BS
|
BS
|
STS
|
S
|
SS
|
STS
|
SS
|
STS
|
STS
|
2
|
Putu Candra D
|
STS
|
BS
|
STS
|
STS
|
BS
|
BS
|
STS
|
SS
|
BS
|
BS
|
3
|
Panji Maulana
|
BS
|
BS
|
BS
|
STS
|
SS
|
BS
|
STS
|
SS
|
STS
|
STS
|
4
|
Ari Pakusmanto
|
BS
|
SS
|
STS
|
STS
|
S
|
STS
|
BS
|
SS
|
STS
|
STS
|
5
|
M. Fadhli
|
BS
|
STS
|
BS
|
STS
|
S
|
S
|
STS
|
SS
|
STS
|
BS
|
6
|
STS
|
BS
|
BS
|
S
|
S
|
S
|
STS
|
SS
|
BS
|
BS
| |
7
|
M. Harry P
|
STS
|
BS
|
BS
|
BS
|
BS
|
BS
|
STS
|
SS
|
BS
|
BS
|
8
|
Chudali
|
S
|
STS
|
SS
|
STS
|
SS
|
SS
|
STS
|
SS
|
STS
|
BS
|
9
|
M. Ganta
|
S
|
STS
|
STS
|
STS
|
SS
|
S
|
STS
|
SS
|
BS
|
BS
|
10
|
Sunandar A
|
BS
|
BS
|
STS
|
S
|
BS
|
BS
|
STS
|
SS
|
BS
|
BS
|
Setelah data yang dikumpulkan telah diikhtisarkan dalam tebel, maka langkah selanjutnya adalah analisis terhadap hasil-hasil yang telah diperoleh.
1. Pengorganisasian Data
Selanjutnya angket pengaruh hanphone terhadap hasil belajar siswa dibuat dalam table dibawah ini dengan mengisi o Sangat Setuju, o Setuju, o Biasa Saja, o Sangat Tidak Setuju.Dengan jumlah responden 10(sepuluh) siswa SMAN Sumatera Selatan. Pengisian table dengan menggunakan tanda rumput(v).
Pertanyaan: Apakah Handphone mempengaruhi nilai belajar anda?
No
|
Nama
|
Sangat Setuju
|
Setuju
|
Biasa Saja
|
Sangat Tidak Setuju
|
1
|
Akbar Sahata S
|
v
| |||
2
|
Putu Candra D
|
v
| |||
3
|
Panji Maulana
|
v
| |||
4
|
Ari Pakusmanto
|
v
| |||
5
|
Chudali
|
v
| |||
6
|
Prayoga Wirya A
|
v
| |||
7
|
M. Harry P
|
v
| |||
8
|
M. Ganta
|
v
| |||
9
|
Sunandar Adekusumo
|
v
| |||
10
|
M. Fadli
|
v
|
2. Hipotesis Statistik
Hipotesis yang disusun, yaitu pengaruh handphone terhadap nilai belajar siswa SMAN Sumatera Selatan tidak ada. Karena siswa sangat membutuhkan handphone sebagai alat komunikasi mereka.
3. Teknik Analisis Data
Teknik analisis data dengan menganalisis jawaban responden dari pilihan paling banyak. Tujuannya adalah untuk membandingkan jawaban mayoritas dengan jawaban minoritas responden. Jawaban yang paling dominan lah yang dipakai untuk hasil penelitian.
4. Hasil Pembahasan
Dilihat dari hasil pembahasan dalam tabel di atas handphone tidak begitu berpengaruh terhadap hasil belajar siswa SMAN Sumatera Selatan.Kebanyakan dari mereka memerlukan handphone sebagai alat komunikasi serta handphone sangat berguna bagi siswa untuk meningkatkan hasil belajar.
BAB V
PENUTUP
Berdasarkan pembahasan yang telah penulis uraikan pada bab sebelumnya mengenai pengaruh handphone terhadap nilai belajar siswa, maka penulis mencoba menyusun kesimpulan dan saran.
A. Kesimpulan
Dari data di atas dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut.
1. Hasil pengujian analisis korelasi menyatakan bahwa handphone tidak mempengaruhi nilai belajar siswa SMAN Sumatera Selatan.
2. Handphone sangat dibutuhkan siswa dalam proses belajar asalkan dipakai saat dibutuhkan dan pada waktu tertentu saja.
3. Handphone sangat memudahkan komunikasi siswa SMAN Sumatera Selatan bersama keluarga.
B. Saran-saran
Setelah ditarik kesimpulan sebagaimana tersebut diatas selanjutnya penulis mengajukan beberapa saran, yaitu sebagai berikut.
1. Sekolah hendaknya memberi batasan kepada siswa karena kalau selalu menggunakan handphone setiap waktu akan berpengaruh terhadap nilai belajar.
2. Menggunakan handphone tidak selalu akan mempengaruhi nilai belajar siswa karena dengan handphone dapat mendukung semangat belajar siswa.
LAMPIRAN
A. Lampiran Data Siswa
Nama :KADEK ELDA PRIMADISTYA
Alamat :BANJAR DINAS DANGIN MARGI, KEC. BANJAR, KAB. BULELENG, BALI, INDONESIA
Tempat Lahir :TIRTASARI
Agama :HINDU
Hobbi :JALAN-JALAN
Sekolah :SMAN SUMATERA SELATAN
Alamat Sekolah :JL. PANGERAN RATU KEL.8 ULU KEC. SEBERANG ULU 1
PALEMBANG 30252-SUMATERA SELATAN
B. Lampiran Angket
Petunjuk pengisian
Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang harus Anda tanggapi. Untuk menanggapi pernyataan tersebut, cukup melingkari(O) salah satu jawaban yang Anda setujui/menurut pendapat Anda jawaban itu cocok.
· Sangat Setuju (SS)
· Setuju (S)
· Biasa Saja (BS)
· Sangat Tidak Setuju (STS)
Dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan ini, tidak ada jawaban yang salah ataupun benar. Oleh karena itu, usahakan agar tidak ada jawaban yang dikosongkan. Jawaban harus menurut hati Anda pribadi.
Lembar Pernyataan
Questioner
Nama :
Kelas :
Tolong beri tanda lingkaran(O) pada jawaban yang anda anggap paling tepat!
1. Saya selalu bermain handphone setiap hari.
· Sangat Setuju
· Setuju
· Biasa Saja
· Sangat Tidak Setuju
2. 2. Saya selalu bermain handphone padahal saya tidak memerlukannya.
· Sangat Setuju
· Setuju
· Biasa Saja
· Sangat Tidak Setuju
3. 3. Saya tidak bisa belajar tanpa handphone.
· Sangat Setuju
· Setuju
· Biasa Saja
· Sangat Tidak Setuju
4. 4. Penggunaan handphone mempengaruhi nilai belajar saya.
· Sangat Setuju
· Setuju
· Biasa Saja
· Sangat Tidak Setuju
5. 5. Handphone sangat bermanfaat untuk proses belajar saya.
· Sangat Setuju
· Setuju
· Biasa Saja
· Sangat Tidak Setuju
6. 6. Saya sangat membutuhkan handphone untuk meningkatkan proses belajar saya.
· Sangat Setuju
· Setuju
· Biasa Saja
· Sangat Tidak Setuju
7. 7. Saya tidak membutuhkan handphone karena nilai saya menurun karena handphone.
· Sangat Setuju
· Setuju
· Biasa Saja
· Sangat Tidak Setuju
8. 8. Handphone sangat penting bagi saya untuk memudahkan berkomunikasi dengan keluarga dan teman saya.
· Sangat Setuju
· Setuju
· Biasa Saja
· Sangat Tidak Setuju
9. 9. Saya tidak memerlukan handpone dalam proses belajar.
· Sangat Setuju
· Setuju
· Biasa Saja
· Sangat Tidak Setuju
10 10. Saya sangat setuju jika penggunaan handphone dihentikan.
· Sangat Setuju
· Setuju
· Biasa Saja
· Sangat Tidak Setuju
DAFTAR PUSTAKA
Referensi
Gadget-ponsel.infogue.com/pengertian_handphone_
blog-indonesia.com/blog-archive-14554-3.html