English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Besakih, Pura Terbesar Di Bali

Objek wisata Pura Besakih adalah merupakan pusat kegiatan upacara agama bagi umat Hindu di Bali, Pura Agung Besakih adalah sari Padma Bhuwana atau pusatnya dunia yang dilambangkan berbentuk bunga padma. Oleh karena itu Pura Agung Besakih adalah pusat untuk menyucikan dunia dengan segala isinya, dan merupakan salah satu tempat favorit menjadi tujuan wisatawan di Bali, memiliki perbedaan juga keunikan tersendiri dibandingkan tempat/ pura lainnya di Bali. Pura Besakih menjadi terkenal karena kompleks candi yang didirikan disana, sehingga dikenal sebagai Pura Utama di Bali. (Lihat Artikel Menarik Lainnya).

Pura Besakih adalah sebuah komplek pura yang terletak lereng Gunung Agung yaitu Gunung tertinggi di Bali, tepatnya di Desa Besakih, Kecamatan Rendang Kabupaten Karangasem, Bali. Kalau anda sewa mobil ataupun ikut tour ke tempat ini, perjalanan dari bandara sekitar 2.5 jam perjalanan menuju arah Timur. Areal Pura Besakih sangatlah luas, jika anda berkeinginan untuk mengetahui lebih banyak Pura Besakih ini, mungkin anda harus menghabiskan waktu hampir 1 jam untuk berkeliling di areal ini.Tempat atraksi berdekatan dengan Besakih, menawarkan atraksi menantang adalah site rafting yang terkenal yaiturafting di Sungai Telaga Waja. Liburan wisata ke Besakih sambil ikut rafting atau arung jeram tentu hal menyenangkan.

Komplek Pura Besakih terdiri dari 1 Pura Pusat yaitu Pura Penataran Agung Besakih dan 18 Pura Pendamping yaitu 1 Pura Basukian dan 17 Pura Lainnya. Semua Umat Hindu terutama yang ada di Bali, mempunyai sebuah pura penyungsungan (tempat persembahyangan) disebut Pura Pedarman sesuai dengan wangsa mereka, terbagi menjadi beberapa komplek di areal ini, dan Pura Pedarman tersebut merupakan warisan leluhur secara turun menurun. Pura Penataran Agung adalah Pura terbesar di kompleks Pura Besakih, candi-candi atau pelinggihnya lebih banyak, upacaranya juga paling banyak di kawasan Penataran Agung ini. Di Penataran agung ini ada 3 Candi utama dan merupakan intisari dan seluruh bangunan suci (palinggih) yang ada di Pura Agung Besakih. Padmasana-Tiga adalah symbol dari stana tuhan sesuai dengan sifat Tri Murti yaitu Dewa Brahma sebagai Pencipta, Wisnu sebagai Pemelihara  dan Siwa sebagai Pelebur. Pura Besakih berasal dari zaman sangat tua, karena banyaknya peninggalan –peninggalan zaman megalitik, seperti menhir, tahta batu, struktur teras pyramid yang ditemukan di kompleks Pura Besakih dijaga lestari sampai sekarang ini.

Berkunjung ke Besakih, bagi penekun kegiatan rohani, akan memberikan dan merasakan nuansa spiritual dan magis begitu kentalnya, selain hamparan pemandangan alam dari ketinggian, terlihat begitu indah. Apalagi jika sampai di Pura Gelap yang menempati posisi paling atas di komplek pura ini. Jika anda seorang wisatawan dan akan berkunjung ke kawasan Pura, anda harus ditemani oleh seorang pemandu/ guide lokal, mereka membetuk sebuah organisasi pemandu untuk kawasan Besakih, dan untuk jasa mereka ini, akan dikenakan biaya tambahan, biasanya berkisarana dari harga Rp 50.000-100.000, tergantung jumlah peserta.

Dan perlu dicatat setiap pengunjung yang memasuki areal suci di Bali, seperti pura diwajibkan untuk memakai kain dan selendang, dilokasi disediakan penyewaanya, atau bisa bawa sendiri. Pantangan bagi perempuan disaat sedang datang bulan untuk memasuki areal pura. (Source).

Comments
1 Comments

1 comments:

Dimohon untuk meninggalkan komentar dengan ketentuan, dilarang keras menyinggung Isu SARA, Pornografi, dan Konten Negatif Lainnya. Terimakasih...

 

Emping Balado Macopon

FOLLOW TWITTER