English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

INDAHNYA AIR TERJUN BENANG STOKEL DAN BENANG KELAMBU


Wisata Lombok - Objek wisata yang hampir mirip dengan air terjun Sindang Gila dan Tiu Kelep adalah air terjun Benang Stokel dan Benang Kelambu. Dua air terjun ini berada di Desa Aik Berik, Kecamatan Batukliang Utara, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Selain karena sepasang air terjun tersebut letaknya saling berdekatan, keempat air terjun tersebut berhulu di Danau Segara Anak Gunung Rinjani.

Perbedaan dari dua pasang air terjun ini adalah akses jalan menuju ke objek wisata tersebut. Berbeda dengan akses jalan menuju Air Terjun Sindang Gila dan Air Terjun Tiu Kelep yang sudah beraspal mulus dan dijangkau oleh kendaraan umum, akses jalan menuju Air Terjun Benang Stokel dan Air Terjun Benang Kelambu tidak terlalu mulus.

Jalanan tidak terlalu lebar, kendaraan didominasi oleh mobil pengangkut hasil bumi dari Kawasan Hutan Kemasyarakatan (HKm) di sekitar lokasi air terjun tersebut. Akan tetapi pemandangan sepanjang perjalanan sangat memanjakan mata. Hamparan sawah yang siap panen bagaikan permadani raksasa.

Para petani bergotong-royong menanam sawah. Anak-anak bermain di halaman rumah. Tak hanya itu, binantang ternak seperti sapi dan kerbau dengan leluasa mencari makan dengan nyamannya.

Lokasi Air Terjun Benang Stokel lebih dekat dari loket penjualan tiket masuk objek wisata. Hanya berjalan sekitar 15 menit, para wisatawan akan disuguhi pemandangan air terjun yang berbentuk seperti stokel (gulungan benang). Air Terjun Benang Kelambu terletak di atas Air Terjun Benang Stokel, dibutuhkan waktu sekitar 30 menit berjalan kaki menyusuri jalan setapak yang cukup lebar.

Pemandangan di Air Terjun Benang Kelambu lebih indah dan memukau. Sesuai namanya, hempasan air terjun membentuk seperti kelambu (tirai). Sebagian masyarakat percaya bahwa air di sekitar Air Terjun Benang Kelambu dapat menyembuhkan penyakit.

Wisata air terjun yang berpotensi tersebut sayangnya tidak diimbangi dengan fasilitas yang memadai. Toilet di sekitar objek wisata sebagian besar kurang terawat. Kurangnya kesadaran wisatawan untuk menjaga kebersihan juga menjadi persoalan tersendiri.

Alangkah indahnya jika masyarakat dan pemerintah setempat bersama-sama mengembangkan potensi yang dimiliki daerahnya. Harapannya selain untuk menjaga kelestarian alam juga memberikan kesejahteraan bagi masyarakat sekitar.


Berikut saya lampirkan beberapa gambar Objek Wisata Air Terjun Benang Stokel dan Benang Kelambu yang saya unduh dari www.google.com




Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

Dimohon untuk meninggalkan komentar dengan ketentuan, dilarang keras menyinggung Isu SARA, Pornografi, dan Konten Negatif Lainnya. Terimakasih...

 

Emping Balado Macopon

FOLLOW TWITTER