English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

APAKAH BLSM EFEKTIF??



Postingan ini merupakan opini pribadi penulis terhadap kebijakan pemerintah mengenai Bantuan Langsung Tunai Sementara Masyarakat (BLSM) akibat dari kenaikan harga Bahan Bakar Minya beberapa waktu lalu. Kenaikan BBM itu tidak sepenuhnya kesalahan dari pemerintah, karena siapapun pemimpinnya saya yakin harga BBM akan dinaikkan sesuai dengan tingkat inflasi yang sudah diperkirakan oleh pemerintah sebelumnya.  Wajar saja jika banyak masalah akan timbul akibat kenaikan harga Bahan Bakar Minyak tersebut, sekarang memang hal tersebut menjadi spekulasi di masyarakat.

Nah, Apakah Bantuan Langsung Tunai Sementara Masyarakat (BLSM) itu efektif untuk mengurangi tingkat kemiskinan akibat dari kenaikan BBM ini? Menurut saya ini efektif hanya beberapa bulan saja.
Pemerintah harus mengawasi pendistribusian dana BLSM ini apakah jatuh di tangan orang yang benar atau memang sebaliknya uang tersebut diselewengkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Bagi pemerintah BLSM merupakan proyek yang sangat besar dan perlu pengawasan yang cukup serius supaya bantuan tersebut jatuh di tangan masyarakat kecil khususnya.

Bagi penulis Bantuan Langsung Tunai Sementara Masyarakat (BLSM) ini hanya efektif beberapa bulan saja. Seharusnya pemerintah memikirkan supaya bantuan tersebut harus sustainable artinya uang yang diberikan ke masyarakat tersebut bersifat berkelanjutan. Memberikan modal usaha adalah kebijakan yang lebih tepat dibandingkan hanya memberikan secara cuma-cuma tetapi tidak ada perputaran duit di masyarakat. Kalau saya ibaratkan seorang guru memberikan kail ikan, dan pancing ikan kepada muridnya tetapi ia tidak memberikan kemampuan kepada muridnya bagaimana caranya medapatkan ikan dari kail dan pancing yang sudah diberikan. Sama halnya dengan program BLSM tersebut, pemerintah hendaknya memberikan pendidikan keweirausahaan kepada masyarakat dan memberikan modal. Maka hal tersebut lebih efektif untuk mengurangi kemiskinan untuk jangka panjang.


Penulis: Kadek Elda Primadistya.

Comments
1 Comments

1 comments:

  1. Pendidikan Kewirausahaan memang penting diterapkan sejak dini.

    ReplyDelete

Dimohon untuk meninggalkan komentar dengan ketentuan, dilarang keras menyinggung Isu SARA, Pornografi, dan Konten Negatif Lainnya. Terimakasih...

 

Emping Balado Macopon

FOLLOW TWITTER