English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

KERUKUNAN UMAT BERAGAMA ITU INDAH


Sebagai makhluk sosial, manusia tidak bisa hidup sendiri-sendiri tanpa ada orang lain disekitar kita. Dan dalam kondisi yang saling berdampingan saya yakin keharmonisan dalam menjalani kehidupan tidak akan selalu mulus tanpa adanya konflik, baik itu konflik yang sifatnya antar suku, ras, agama, dan lain sebagainya.

Sebagai makhluk hidup yang selalu hidup berdampingan hendaknya kita juga bisa menghormati kepentingan, dan kepercayaan orang lain. Agama adalah tuntunan dalam kehidupan seseorang/antar individu yang tidak sama. Manusia mempunyai kepentingan dan kepercayaan yang berbeda-beda untuk bisa menuntun mereka ke jalan yang benar. Saya yakin semua agama akan mengajarkan kebaikan bagi para pemeluknya.


Masih ingatkah dengan slogan bangsa indonesia yang mengatakan indonesia itu "berbeda-beda tetapi tetap satu jua". Slogan ini hendaknya dipegang teguh bagi seluruh umat beragama bahwa perbedaan itu penting dalam membangun bangsa yang besar.

Saya punya pengalaman yang sangat luar biasa ketika SMA dulu. Yang waktu itu saya bersekolah di luar daerah, yang tentunya budaya yang berbeda dan saya sebagai pihak yang minoritas. Saya tinggal diasrama bersama teman-teman yang berasal dari daerah yang berbeda. Bahasa yang berbeda, budaya yang berbeda, dan agama kita berbeda-beda. Tetapi tidak pernah sekalipun terjadi pertentangan/perselisihan diantara kita karna perbedaan itu.

SALING MENGHORMATI

Ketika ada hari besar keagamaan, pada saat itulah kelihatan sekali respect dari teman-teman. Ketika saya merayakan upacara NYEPI teman-teman dari agama lain sungguh menghormati saya, mereka ikut mematikan lampu sesuai dengan upacara nyepi jika saya melakukannya di bali dan mereka pun tidak makan didepan saya yang pada saat itu saya sedang berpuasa. Demikian halnya dengan saya, ketika mereka sedang berpuasa idul fitri selama sebulan saya juga ikut dalam kegiatan itu. Ketika ada teman yang kelupaan dalam menjalankan ibadah, kita saling mengingatkan mereka.

Sungguh indah dunia ini jika semua orang bisa menghormati perbedaan antara satu dengan yang lain.

Comments
1 Comments

1 comments:

Dimohon untuk meninggalkan komentar dengan ketentuan, dilarang keras menyinggung Isu SARA, Pornografi, dan Konten Negatif Lainnya. Terimakasih...

 

Emping Balado Macopon

FOLLOW TWITTER